Mengenal Berbagai Jenis Awan

Di posting oleh Jiraya x pada 10:17 PM, 21-Dec-11

Di: Sains/Teknologi

Awan menurut bentuknya di bagi menjadi beberapa jenis

  • Pertama, Awan Kumulus (commulus)

cumulus+humulus+1+950.jpg

Awan Kumulus adalah awan yang bentuknya seperti bunga kol. Awan ini terjadi karena proses konveksi. Secara lebih rinci awan ini terbagi dalam 3 jenis, yaitu: strato kumulus yaitu awan kumulus yang baru tumbuh, kumulus, dan kumulonimbus yaitu awan kumulus yang sangat besar dan mungkin terdiri beberapa awan kumulus yang bergabung menjadi satu.

  • Kedua, Awan Stratus

stratus.jpgAwan stratus sangat rendah, tebal dan berwarna kelabu. Awan ini kelihatan seperti lelangit rendah atau kabus di tanah.



  • Ketiga, Awan Cirrus

sirus.jpg

Awan cirrus adalah awan tinggi dengan ciri-ciri tipis, berserat seperti bulu burung. Pada awan ini terdapat kristal-kristal es. Terkadang puncak awan cirrus bergerak dengan cepat. Arah anginnya juga dapat bervariasi. Awan Cirrus terbentuk ketika uap air membeku menjadi kristal es pada ketinggian diatas 8000 meter.

Sedangkan berdasarkan ketinggiannya, awan di kumpulkan menjadi 4

1. Awan rendah
  • terdiri daripada awan Stratokumulus, awan Nimbostratus dan awan Stratus. terletak kurang daripada 3 000 meter dari muka bumi.
  • Awan Stratokumulus kelihatan kasar.
  • Awan Nimbostratus gelap dan mempunyai lapisan-lapisan jelas dan dikenali juga sebagai awan hujan
  • Awan Stratus sangat rendah, tebal dan berwarna kelabu. Awan ini kelihatan seperti lelangit rendah atau kabus di tanah.


2.Awan sederhana tnggi
  • Tediri daripada awan Altokumulus dan Altostratus. letaknya antara 3 000 hingga 6 000 meter dari muka bumi
  • Awan Altokumulus berkepul-kepul, tidak rata dan berlapis. Awan itu selalu menggambarkan keadaan cuaca yang baik.
  • Awan Altostratus lebih padat, berwarna kelabu dan kelihatan seperti air. Awan ini berjurai-jurai.


3.Awan tinggi
  • Terdiri daripada awan Sirus, Sirokumulus dan Sirostratus
  • Awan Sirus kelihatan seperti kapas tipis dan awan ini menunjukkan cuaca agak cerah.
  • Awan Sirokumulus kelihatan seperti sisik ikan.
  • Awan Sirostratus ialah awan putih yang tipis seperti tirai.


4.Awan yang tinggi ke atas
  • Terdiri daripada awan Kumulus dan awan Kumulonimbus. letaknya kira-kira 6 000 hingga 9 000 meter dari muka bumi.
  • Awan Kumulus terbentuk kelompok- kelompok bulat
  • Awan Kumulonimbus berbentuk kelompok-kelompok besar. Kelompok-kelompok yang berwarna putih dan hitam ini mempunyai bentuk dan rupa yang beranekaragam. Awan membawa hujan yang disertsi dengan kilat dan petir.


Berikut ini bentuk-bentuk awan unik yang berhasil di abadikan
Horseshoe vortex
horseshoe1.jpg

Kelvin-Helmholtz
kelvin.jpg

Mammatus at the base of a storm cloud
mammatus.jpg

Virga
virga..jpg

Wave Clouds
waveclouds.jpg
Cap cloud
cap-cloud-ryan-vervest-r.jpg

Altocumulus lenticularis
alto-lennie-ryan.jpg


Pink Ufos
pinkufo.jpg

Roll Cloud
cloud-from-lookout.jpg

Fallstreak holes
fallstreak.jpg

Bagaimana unik-unik,bukan biggrin

Sumber: id.answer.yahoo.com,id.m.wikipedia.org,beritaunik.net Dan dari berbagai sumber

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

29 tanggapan untuk "Mengenal Berbagai Jenis Awan"

Zainal arek jombang pada 10:21 PM, 21-Dec-11

manteppp sob. . . Ngantuk neh ane. .mampir seblum mw bobo kelarin dulu masyarakat mwb update. . Thanks ya sob. . Saya selalu suka dg updatetanmu

Other Side ⡩ pada 10:50 PM, 21-Dec-11

wahh, unik2 ya gan.. Yg sering ane liat cm awan no 1 tu.. Hehe,

jiraya_x pada 11:00 PM, 21-Dec-11

@other side yupz. . Iklim menentukan pembentukan awan2 tersebut. . Kita berada di daerah yg beriklim tropis smile

Denjava pada 11:11 PM, 21-Dec-11

tank kawan info2nya mantap..nih ilmunya

IndrachZ TheTechC pada 11:16 PM, 21-Dec-11

Keren. Yang no 3 ane prnah liat sob.
Di wallpaper mrgreen

Fitrie Liebherr pada 11:47 PM, 21-Dec-11

mantap+keren,,,ijin ambil satu sob,,trims sdh berbagi pengetahuannya

Cherbond Blog's pada 12:16 AM, 22-Dec-11

mantap gan...
Terus berkreasi ...
Jangan lupa sumbangkan 1 comment mu, di artikel terbaruku...

http://cherbond.mywapblog.com/

afrin pada 12:34 AM, 22-Dec-11

Allahuakbar...begtu indahnya awan awan itu kang,ambil ah ftonya,thx kang ilmunya

Eko Prasetyan pada 03:41 AM, 22-Dec-11

Ini ni yg aku suka lugas & enggak bertele-tele biggrin

Gaplek pada 04:05 AM, 22-Dec-11

apik boz awane, pgn nyekel,,

ιπδяαχh.мψωαρβløĝ.cøм pada 04:58 AM, 22-Dec-11

.mantaph info.x masbr0..

http://freegprs.puz.su

jiraya_x pada 06:57 AM, 22-Dec-11

@all thanks kunjungannya. .

Nanungz pada 08:29 AM, 22-Dec-11

IPA nih,. ane suka gambarnyaredface

Casver pada 08:30 AM, 22-Dec-11

Kunjungan pagi sob. . .Keliling nich sambil olahraga mrgreen mrgreen
di tunggu kunback,y sob . .

Slamat hari ibu rindu.heck.in

Aditya Putra pada 08:51 AM, 22-Dec-11

wih manteb2 awannya

ndukoh pada 09:28 AM, 22-Dec-11

manteb bos smile

Exodius pada 10:31 AM, 22-Dec-11

Allohu akbar

◊·`¯´.¸¸¦★gυητяαx★¦¸¸.´¯`·◊ pada 11:48 AM, 22-Dec-11

nyimak aja bos biggrin
Sukses selalu.. smile
http://penceters.mywapblog.com

axen pada 12:49 PM, 22-Dec-11

wah gitu ya gan?

Oon Syaraf pada 05:53 PM, 22-Dec-11

Wave Clouds keren banget kang

Deyoy pada 07:05 PM, 22-Dec-11

Mantap2 sobbiggrin

Vicky Uchiha pada 07:10 PM, 22-Dec-11

wah keren2 tuh sob.

Awan pada 08:32 AM, 27-Jan-12

hahay

dayen pada 09:29 PM, 08-Feb-12

subhanallah...allahu akbar...ciptaan Allah SWT yang maha dahsyat..kereen

shirent pada 01:30 PM, 11-May-12

awan x keren"
=))

anti pada 01:32 PM, 11-May-12

waw hebat
smile)

abg pada 06:49 PM, 12-Mar-13

serem...takut liat awannya lw sdang bahaya dibumi seperti awan wave clouds

Hanatika Nurhaeni pada 05:03 PM, 19-Mar-13

nice info biggrin
ditunggu kunjungan baliknya ya ke http://rumahkreasihana.blogspot.com/ smile

rizki husnia putri pada 05:25 PM, 06-May-13

emang keajaiban tu nggak akan pernah
bisa lepas karna yg maha kuasa yg bisa
mengubahnya

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar